Contact Us / Contáctenos / اتصل بنا / Hubungi Kami / Wasiliana nasi

Use the form on the right to contact us.

Utilice el formulario a la derecha en contacto con nosotros.

استخدام النموذج على الحق في الاتصال بنا.

Gunakan form di sebelah kanan untuk menghubungi kami.

Kutumia fomu ya haki kuwasiliana nasi.

           

123 Street Avenue, City Town, 99999

(123) 555-6789

email@address.com

 

You can set your address, phone number, email and site description in the settings tab.
Link to read me page with more information.

Artikel Jurnal

Di halaman ini kami menyorot artikel yang memberikan analisa kritis terhadap tema-tema kunci proyek riset kami.


Artikel Jurnal Terkait

Artikel-artikel ini berkaitan dengan keamanan dan perlindungan pembela HAM yang menghadapi resiko.

IJHR.jpg

Perspektif Kritis mengenai Keamanan dan Perlindungan Pembela HAM

Sejak Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Pembela HAM tahun 1998, telah ada berbagai upaya penting utnuk mengakui dan melindungi hak-hak para individu, kelompok dan komunitas dalam memajukan dan melindungi hak mereka sendiri serta hak orang lain. Seiring berjalannya waktu, tumbuhlah sistem perlindungan internasional terhadap hak pembela HAM yang mencakup berbagai tingkatan dan pelaku, yang muncul dari sistem internasional hak asasi manusia. Para pelaku dalam sistem yang berorientasi hasil ini mengadopsi pendekatan keamanan manusia, yang menekankan pada pentingnya pemahaman holistic dan multi- dimensi tentang ‘keamanan’. Dalam artikel ini, kami mencatat perkembangan positif komitmen negara terhadap perlindungan bagi para pembela HAM, serta debat, ketegangan dan perbedaan pendapat yang terus ada. Kami menekankan perlunya penilaian kritis terhadap konstruksi, fungsi dan evolusi sistem perlindungan ini beserta dampak sosial dan politiknya di berbagai skala, baik disengaja maupun tidak. Kami menyorot tiga area khusus yang perlu dipelajari secara kritis untuk memahami sifat dari sistem perlindungan tersebut, sesuai kontribusi penulis dalam masalah khusus ini: definisi dan penggunaan istilah ‘pembela HAM’; efektifitas mekanisme perlindungan; dan hubungan kompleks antara represi, aktivisme dan resiko. Sebagai kesimpulan, kami mengidentifikasi area utama untuk diteliti lebih jauh, dengan menekankan perlunya mengembangkan teori dan praktek terkait ‘resiko’, ‘keamanan’ dan ‘perlindungan’ bagi pembela HAM.  

Referensi:

Karen Bennett, Danna Ingleton, Alice M. Nah & James Savage (2015) Perspektif kritis mengenai keamanan dan perlindungan bagi pembela HAM, The International Journal of Human Rights, 19:7, 883-895.

Akses:

Artikel tersebut tersedia dalam bahasa Inggris melalui tombol 'unduh' di bawah.


Agenda Riset Perlindungan Pembela HAM

Terbitan Khusus Jurnal Praktek Hak Asasi Manusia ini didedikasikan untuk refleksi kritis tentang perlindungan pembela HAM (HRD – Human Rights Defenders). Pada artikel ini kami mempertimbangkan riset dan pengetahuan yang telah ada mengenai perlindungan bagi pembela HAM, menyorot kontribusi kebijakan dan catatan praktek yang kami temukan, dan mengajukan isu dan pertanyaan terkini mengenai perlindungan pembela HAM untuk ditelaah lebih jauh. Secara khusus, kami menyorot delapan area riset: definisi dan penggunaan istilah ‘pembela HAM’; persepsi terhadap resiko, keamanan dan perlindungan; budaya, gender dan keberagaman (dengan penekanan khusus pada perlindungan bagi perempuan pembela HAM); penggunaan mekanisme hukum dan administratif untuk represi; efektifitas mekanisme perlindungan; strategi dan taktik perlindungan; memupuk kemampuan lingkungan dalam membela hak asasi manusia; dan dampak teknologi dan keamanan digital bagi pembela HAM. Pada bagian akhir artikel ini, kami menyorot pentingnya lebih banyak kolaborasi antara akademia, praktisi dan pembela HAM untuk evolusi kolektif mekanisme dan praktek-praktek perlindungan. Kami membahas keuntungan dan tantangan dilakukannya riset terapan secara kolaboratif, dan memberi saran bagaimana riset tersebut bisa dilakukan secara efektif.

Referensi:

Nah, AM; Bennett, K, Ingleton, D dan Savage, J (2013) 'Agenda riset untuk perlindungan pembela HAM', Journal of Human Rights Practice, 5(3), hal. 401-420. 

Akses:

Versi bahasa Inggris tersedia melalui tombol 'unduh' di bawah ini.

JHRP.gif